
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
VISI
Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa dalam tingkat Nasional serta memiliki sikap peduli, kreatif, dan mandiri pada tahun 2026
MISI
- Menyelenggarakan pengajaran dalam rangka mencetak tenaga kependidikan dan tenaga ahli yang profesional di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Melaksanakan kegiatan penelitian dalam rangka pengembangan Bahasa Indonesia
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat memenuhi kepentingan masyarakat (stakeholder).
TUJUAN
- Lulusan dengan kompetensi yang relevan dengan tuntutan dunia kerja, khususnya dalam bidang kependidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Lulusan yang mampu mengadakan penelitian inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menerapkan hasilnya
- Inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia melalui penelitian dan karya inovatif yang berguna bagi dunia Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Daftar Dosen
No |
Nama |
Bidang Keilmuan |
Keterangan |
1 |
Adi Syahputra Manurung, S.Pd., M.Pd |
Pendidikan bahasa Indonesia |
Ka.Prodi |
2 |
Arif Yuandana Sinaga, S.Pd., M.Pd |
Pendidikan bahasa Indonesia |
Dosen tetap |
3 |
Anita Sinaga, S.Pd., M.Pd |
Pendidikan bahasa Indonesia |
Dosen tetap |
4 |
Hakim Prasasti Lubis, S.Pd., M.Pd |
Pendidikan bahasa Indonesia |
Dosen tetap |
5 |
Idawati Situmorang, S.S., S.Pd., M.Si |
Kajian Sastra |
Dosen tetap |
6 |
Mery Chris Isabella Saragih, S.Pd., M.Pd |
Bahasa/linguistik |
Dosen tetap |
Struktur Kurikulum
No |
Kode Mata Kuliah |
Nama Mata Kuliah |
Rincian SKS |
SKS |
Prasyarat |
||
T |
P |
L |
|||||
1 |
PBSI 100 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
|
|
2 |
|
2 |
PBSI 101 |
Keterampilan menyimak dan berbicara |
2 |
|
|
2 |
|
3 |
PBSI 102 |
Pengantar Ilmu pendidikan |
3 |
|
|
3 |
|
4 |
PBSI 103 |
Dasar-dasar Linguistik |
2 |
|
|
2 |
|
5 |
PSBI 104 |
Dasar-dasar Membaca dan Menulis |
2 |
|
|
2 |
|
6 |
PBSI 105 |
Pendidikan agama |
2 |
|
|
2 |
|
7 |
PBSI 106 |
Bahasa Inggris |
2 |
|
|
2 |
|
8 |
PBSI 107 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|
|
2 |
|
9 |
PBSI 108 |
Dasar-dasar Teori dan Apresiasi Sastra |
2 |
|
|
2 |
|
10 |
PBSI 109 |
Dasar-dasar Keterampilan Bersastra |
2 |
|
|
2 |
|
Jumlah Keseluruhan sks |
|
|
|
20 |
|
||
1 |
PBSI 200 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
|
|
2 |
|
2 |
PBSI 201 |
Perkembangan Aliran Linguistik |
2 |
|
|
2 |
|
3 |
PBSI 202 |
Dasar-dasar Morfologi |
2 |
|
|
2 |
|
4 |
PBSI 203 |
Dasar-dasar Sintaksis |
2 |
|
|
2 |
|
5 |
PBSI 204 |
Teori Sastra |
2 |
|
|
2 |
|
6 |
PBSI 205 |
Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
7 |
PBSI 206 |
Sejarah Sastra Lama |
2 |
|
|
2 |
|
8 |
PBSI 207 |
Menyimak Literal dan Kritis |
2 |
|
|
2 |
|
9 |
PBSI 208 |
Fonologi |
2 |
|
|
2 |
|
10 |
PBSI 209 |
Membaca Pemahaman dan Kritis |
2 |
|
|
2 |
|
Jumlah Keseluruhan SKS |
|
|
|
20 |
|
||
1 |
PBSI 300 |
Sintaksis Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
2 |
PBSI 301 |
Dasar-dasar Wacana |
2 |
|
|
2 |
|
3 |
PBSI 302 |
Morfologi Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
4 |
PBSI 303 |
Keterampilan Menulis Kritis Ilmiah |
2 |
|
|
2 |
|
5 |
PBSI 304 |
Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
6 |
PBSI 305 |
Sejarah Sastra Modern |
2 |
|
|
2 |
|
7 |
PBSI 306 |
magang 1 |
1 |
|
|
1 |
|
8 |
PBSI 307 |
Menulis Wacana Tanggapan |
2 |
|
|
2 |
|
9 |
PBSI 308 |
Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
10 |
PBSI 309 |
Korespondensi |
2 |
|
|
2 |
|
Jumlah Keseluruhan sks |
|
|
|
19 |
|
||
1 |
PBSI 400 |
Perencanaan dan model pembelajaran Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
2 |
PBSI 401 |
Bimbingan dan Konseling |
2 |
|
|
2 |
|
3 |
PBSI 402 |
Apresisasi Puisi |
2 |
|
|
2 |
|
4 |
PBSI 403 |
Apresiasi Prosa |
2 |
|
|
2 |
|
5 |
PBSI 404 |
PenyuntinganNaskahBahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
6 |
PBSI 405 |
Media Pembelajaran Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
7 |
PBSI 406 |
Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
8 |
PBSI 407 |
Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Reseptif |
2 |
|
|
2 |
|
9 |
PBSI 408 |
Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Produktif |
2 |
|
|
2 |
|
10 |
PBSI 409 |
Pembelajaran Bersastra |
2 |
|
|
2 |
|
Jumlah Keseluruhan SKS |
|
|
|
20 |
|
||
1 |
PBSI 500 |
Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
2 |
PBSI 501 |
Psikolinguistik |
2 |
|
|
2 |
|
3 |
PBSI 502 |
Apresiasi Drama |
2 |
|
|
2 |
|
4 |
PBSI 503 |
Statistik Penelitian Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
5 |
PBSI 504 |
Semantik |
2 |
|
|
2 |
|
6 |
PBSI 505 |
Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
7 |
PBSI 506 |
Magang 2 |
2 |
|
|
1 |
|
8 |
PBSI 507 |
Kewirausahaan Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
9 |
PBSI 508 |
Menulis Wacana Faktual |
2 |
|
|
2 |
|
10 |
PBSI 509 |
*Pengantar Jurnalistik |
2 |
|
|
2 |
|
Jumlah Keseluruhan SKS |
|
|
|
19 |
|
||
1 |
PBSI 600 |
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
2 |
PBSI 601 |
Microteaching |
2 |
|
|
2 |
|
3 |
PBSI 602 |
Kritik Sastra |
2 |
|
|
2 |
|
4 |
PBSI 603 |
Pragmatik |
2 |
|
|
2 |
|
5 |
PBSI 604 |
Analisis Wacana Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
|
6 |
PBSI 605 |
Menulis Kreatif Karya Sastra |
2 |
|
|
2 |
|
7 |
PBSI 606 |
Teater |
2 |
|
|
2 |
|
8 |
PBSI 607 |
Profesi Kependidikan |
3 |
|
|
3 |
|
9 |
PBSI 608 |
*Pengantar Ilmu Komunikasi |
2 |
|
|
2 |
|
|
|
|
|
19 |
|
||
1 |
PBSI 700 |
Magang 3 |
2 |
|
|
2 |
|
2 |
PBSI 701 |
Penyusunan Buku Teks Bahasa Indonesia |
3 |
|
|
3 |
|
3 |
PBSI 702 |
Retorika |
2 |
|
|
2 |
|
5 |
PBSI 703 |
Seminar bahasa dan sastra Indonesia |
3 |
|
|
3 |
|
6 |
PBSI 704 |
Komputer |
2 |
|
|
2 |
|
7 |
PBSI 705 |
Berbicara Publik |
2 |
|
|
2 |
|
8 |
PBSI 706 |
Menulis Opini dan Iklan |
2 |
|
|
2 |
|
9 |
PBSI 707 |
*Etika Komunikasi |
2 |
|
|
2 |
|
Jumlah Keseluruhan SKS |
|
|
|
18 |
|
||
1 |
PBSI 800 |
Skripsi |
6 |
|
|
6 |
|
2 |
PBSI 801 |
KKN |
1 |
|
3 |
4 |
|
3 |
PBSI 802 |
Analisis Kesalahan Berbahasa |
2 |
|
|
2 |
|
4 |
PBSI 803 |
* Kehumasan |
2 |
|
|
2 |
|
Jumlah Keseluruhan SKS |
|
|
|
14 |
|
||
Total Keseluruhan |
149 |
|