[vc_row top_margin=”none” el_position=”first last”] [vc_column top_margin=”none” width=”2/3″] [vc_column_text el_position=”first last”]
STRUKTUR KURIKULUM
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR S1
SEMESTER I
No |
KODE MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1 |
PGSD 100 |
Pendidikan Agama |
2 |
2 |
PGSD 101 |
Psikologi Perkembangan |
3 |
3 |
PGSD 102 |
Pengantar Ilmu Pendidikan |
4 |
4 |
PGSD 103 |
Matematika I |
2 |
5 |
PGSD 105 |
Konsep Dasar PKn |
3 |
6 |
PGSD 106 |
Konsep Dasar IPS |
3 |
7 |
PGSD 107 |
Bahasa Inggris I |
2 |
8 |
PGSD 108 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
JUMLAH |
21 |
SEMESTER II
No |
KODE MK |
Mata Kuliah |
SKS |
2 |
PGSD 201 |
Pendidikan Jasmani & Olah Raga |
2 |
3 |
PGSD 202 |
Evaluasi Pembelajaran |
2 |
4 |
PGSD 203 |
Strategi Pembelajaran |
2 |
5 |
PGSD 204 |
Matematika II |
2 |
6 |
PGSD 205 |
Kajian Kesastraan |
2 |
7 |
PGSD 206 |
Peningkatan Keterampilan Berbahasa & Sastra Indonesia |
3 |
8 |
PGSD 207 |
Konsep Dasar IPA I |
3 |
9 |
PGSD 208 |
Bahasa Inggris II |
2 |
10 |
PGSD 209 |
Pengantar Komputer |
2 |
JUMLAH |
20 |
SEMESTER III
No |
KODE MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1 |
PGSD 301 |
Dasar-dasar Manajemen Pendidikan |
2 |
2 |
PGSD 302 |
Sosiologi-Antropologi Pendidikan |
2 |
3 |
PGSD 303 |
Matematika III |
2 |
4 |
PGSD 304 |
Konsep Dasar IPA II |
3 |
5 |
PGSD 305 |
Media Pembelajaran di SD |
2 |
6 |
PGSD 306 |
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Kelas Awal SD |
3 |
7 |
PGSD 307 |
PKn SD Kelas Awal |
3 |
8 |
PGSD 308 |
Pembelajaran Pendidikan Jasmani & Olah Raga |
2 |
9 |
PGSD 309 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
JUMLAH |
21 |
SEMESTER IV
No |
KODE MK |
Mata Kuliah |
SKS |
2 |
PGSD 401 |
Perencanaan Pembelajaran di SD |
2 |
3 |
PGSD 402 |
Pendidikan Matematika I |
3 |
4 |
PGSD 403 |
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Kelas Lanjut SD |
3 |
5 |
PGSD 404 |
PKn SD Kelas Lanjut |
3 |
6 |
PGSD 405 |
Pendidikan IPS SD |
2 |
7 |
PGSD 406 |
Pendidikan IPA SD |
4 |
8 |
PGSD 407 |
Statistik |
3 |
JUMLAH |
20 |
SEMESTER V
No |
KODE MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1 |
PGSD 500 |
Ortopedagogik |
2 |
2 |
PGSD 501 |
Pendidikan Matematika II |
3 |
3 |
PGSD 502 |
Pendidikan IPS Kelas Awal |
3 |
4 |
PGSD 503 |
Metodologi |
4 |
5 |
PGSD 505 |
Pendidikan Seni Tari & Drama |
2 |
6 |
PGSD 506 |
Pendidikan Seni Rupa |
2 |
7 |
PGSD 507 |
Model Pembelajaran IPA di SD |
2 |
8 |
PGSD 508 |
Pendidikan Seni Musik |
2 |
JUMLAH |
20 |
SEMESTER VI
No |
KODE MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1 |
PGSD 600 |
Bimbingan di SD |
2 |
2 |
PGSD 601 |
Pembelajaran Terpadu |
2 |
3 |
PGSD 602 |
Pendidikan Matematika III |
3 |
4 |
PGSD 603 |
Pendidikan IPS Kelas Lanjut |
3 |
5 |
PGSD 604 |
PPL I (Microteaching) |
2 |
6 |
PGSD 605 |
Aplikasi Komputer |
2 |
7 |
PGSD 606 |
Pendidikan Keterampilan Kerajinan |
2 |
8 |
PGSD 607 |
Model Pembelajaran PKn di SD |
2 |
JUMLAH |
18 |
SEMESTER VII
No |
KODE MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1 |
PGSD 700 |
PPL II |
2 |
2 |
PGSD 701 |
Ansambel Musik Anak |
2 |
3 |
PGSD 702 |
Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD |
2 |
4 |
PGSD 703 |
Perspektif Global |
2 |
5 |
PGSD 704 |
Pembelajaran Kelas Rangkap |
2 |
6 |
PGSD 705 |
Pendidikan Inklusif |
2 |
7 |
PGSD 706 |
Penciptaan Masyarakat Belajar |
2 |
JUMLAH |
14 |
SEMESTER VIII
No |
KODE MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1 |
PGSD 800 |
Kewirausahaan |
2 |
2 |
PGSD 801 |
KKN |
2 |
3 |
PGSD 802 |
Skripsi |
6 |
JUMLAH |
10 |
[/vc_column_text] [/vc_column] [vc_column top_margin=”none” width=”1/3″] [vc_column_text el_position=”first last”]
I am text block. Click edit button to change this text.
[/vc_column_text] [/vc_column] [/vc_row]