Kemahasiswaan

 

NoJenis Pelayanan Kepada MahasiswaBentuk Kegiatan, Pelaksanaan, dan Hasilnya
1Bimbingan dan konseling

Bentuk Kegiatan

a.       Pembimbingan akademik (PA), konsultasi akademik dan non akademik, kotak saran, respon terhadap komplain. Pembimbingan ini dilaksanakan oleh dosen Penasihat Akademik dalam membimbing dan mengarahkan mahasiswa PA dalam hal penentuan jumlah kredit yang diambil oleh mahasiswa PA, serta membantu mahasiswa PA dalam mengatasi kesulitan dalam perkuliahan. Selain itu, terdapat bimbingan khusus akademik yang diberikan kepada mahasiswa yang melakukan Kerja Praktek dan Tugas Akhir. Pembimbingan khusus akademik untuk kerja praktek dan tugas akhir dibimbing oleh Dosen dengan bidang ilmu yang sesuai dengan topik yang di bahas / dilakukan oleh Mahasiswa.

b.      Pelayanan Konseling tersedia di tingkat    Universitas

c.      Bimbingan Kuliah Kerja Nyata (KKN)      merupakan program layanan yang diberikan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata.

d.    Bimbingan Praktek Klinik Kebidanan (PKK) merupakan program layanan yang diberikan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Klinik Kebidanan (PKK).

e.     Bimbingan Praktek Belajar Lapangan (PBL) merupakan program layanan yang diberikan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL)

f.     Bimbingan Praktek Belajar Lapangan (PBL) merupakan program layanan yangdiberikan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL)

g.    Bimbingan Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan program layanan yang diberikan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

h.             Bimbingan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

       merupakan program layanan yang diberikan

  kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).

i.               Bimbingan Program Kreativitas Mahasiswa (PkM)

       adalah program diberikan oleh Universitas

       untuk membimbing mahasiswa dalam membuat
proposal Program Kreativitas Mahasiswa.

 

Pelaksanaan

Pelaksanaan bimbingan akademik dilakukan dengan konsultasi secara individu oleh dosen PA terhadap mahasiswa PA, yang dilakukan minimal 3 kali dalam 1 semester, yaitu saat perwalian KRS, sebelum UTS dan sebelum UAS. Bimbingan tambahan dapat dilaksanakan oleh pembimbing akademik pada waktu tertentu berdasarkan permintaan. Sebagai contoh bimbingan terhadap mahasiswa yang terancam drop-out sehingga dengan bimbingan ini mahasiswa bersangkutan dapat meningkatkan kembali prestasi belajarnya.

Pelayanan konseling dilaksanakan di tingkat Universitas Efarina. Pelayanan konseling yang diberikan berupa konsultasi minat/bakat mahasiswa, organisasi serta sumber daya manusia dan konsultasi permasalahan anak dan remaja (mahasiswa).

Bimbingan Kerja Praktek, dilaksanakan ketika mahasiswa selesai melaksanakan Kerja Praktek di Lapangan. Mahasiswa memberikan laporan kerja praktek yang telah disetujui dan dinilai oleh perusahaan (industri) kepada Koordinator Akademik dan selanjutnya Koordinator Akademik akan menentukan dosen pembimbing yang sesuai dengan topik yang dilaksanakan di Industri. Bimbingan akan dilakukan oleh dosen pembimbing ditunjuk dengan jadwal yang disepakati bersama dengan mahasiswa. Bimbingan kerja praktek dilakukan minimal 3 kali pertemuan.

Bimbingan Tugas Akhir, dilaksanakan langsung oleh mahasiswa dengan dosen pembimbing Tugas Akhir, dengan durasi pelaksanaan tugas akhir 6–12 bulan. Jadwal bimbingan disesuaikan dengan jadwal kegiatan tugas akhir yang telah disepakati antara mahasiswa dan dosen pembimbing.

Hasil:

(i)       Mahasiswa dapat mengatasi kesulitannya dan menempuh kuliah dengan lancar dan tepat waktu.

(ii)      Hasil yang diperoleh adalah hasil laporan kerja praktek yang sesuai dengan panduan akademik Fakultas

(iii)    Bimbingan Tugas Akhir, dilaksanakan ketika mahasiswa melaksanakan tugas akhir. Hasil yang diperoleh berupa laporan tugas akhir.

(iv)    Bimbingan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dilaksanakan tiap tahun.

2Minat dan bakat

Bentuk Kegiatan :

Untuk mengembangkan minat dan bakatnya mahasiswa mengikuti Unit Kegiatan Kewirausahaan, merupakan unit kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa yang berminat dan berbakat di bidang wirausaha.

Pelaksanaan:

Mahasiswa mengikuti kegiatan pengembangan minat dan bakatnya. Kegiatan dilakukan secara berkala sesuai program kerja setiap unit kegiatan.

Hasil:  

Mahasiswa memperoleh berbagai prestasi dan penghargaan nasional dan regional.

3Pengembangan soft skills

Untuk menunjang kompetensi serta keberhasilan mahasiswa dalam penerapan ilmu, maka dilakukan pembinaan softskill.

Bentuk Kegiatan:

·      Setiap metode pembelajaran memberlakukan pembinaan soft skill, seperti berlaku jujur, disiplin, pembimbingan TA, akademik.

·      Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa (Leadership), debate competition.

·      Kuliah kewirausahaan

Pelaksanaan:

·      Mahasiswa harus lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan dosen bertugas sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran, dimana soft skill merupakan muatan dalam proses pembelajaran.

·     Mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa yang diikuti secara rutin setiap tahun.

·     Kuliah umum kewirausahaan yang diselenggarakan oleh masing-masing program studi.

Hasil:

·      Mahasiswa memperoleh kesempatan dan fasilitas untuk membangun sendiri pengetahuan-nya sehingga diperoleh pengetahuan yang mendalam (deep learning), dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu kualitas mahasiswa dan meningkatkan daya saing lulusan dan kesuksesan di dunia kerja.

·      Membantu mahasiswa menyelesaikan permasalahan dalam pemograman yang menunjang perkuliahan

·      Melatih soft skills dalam berorganisasi dan melatih kepemimpinan.

4Beasiswa

Bentuk Kegiatan:

Pemberian beasiswa secara selektif. Jenis-jenis beasiswa yang diterima :

·       Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA)

·       Bidik Misi

·       Beasiswa Yayasan

Pelaksanaan:

·       Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat, pemberian beasiswa dimulai pada semester 3 (tiga) ke atas kecuali beasiswa bidik misi dan Yayasan dimulai pada semester 1 (satu).

·       Beasiswa Yayasan diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi.

Hasil:

Mahasiswa menerima beasiswa PPA, Bidik Misi danYayasan.

5Layanan Kesehatan

Bentuk Kegiatan:

·         Layanan poliklinik universitas.

·         Layanan pemeriksaan NAPZA untuk mahasiswa baru.

Pelaksanaan:

·         Layanan poliklinik universitas setiap hari kerja jam 09.00 – 17.00 di poliklinik universitas.

·         Penyediaan kotak P3K

Hasil:

Mahasiswa memperoleh layanan kesehatan secara gratis.

6 Layanan Internet

Bentuk Kegiatan:

Penambahan jumlah jaringan wifi

Pelaksanaan:

Menyediakan jaringan internet di lingkungan universitas  Efarina

Hasil:

Penyediaan fasilitas ini membantu mahasiswa dalam menyusun tugas-tugas kuliah, mengumpulkan bahan-bahan referensi baik untuk kuliah maupun tugas terstruktur ataupun tugas akhir.