Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Visi :

Menjadi Prodi PGSD yang menghasilkan lulusan berdaya saing dalam penerapan ilmu pendidikan sekolah dasar melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi berskala Nasional Pada Tahun 2026.

Misi :

  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran, Mengacuh Pada Kurikulum berbasis kompetensi yang telah di tetapkan oleh Universitas Efarina.
  2. Melaksanakan Penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan terutama pada prodi pendidikan guru sekolah dasar yang menghasilakan inovasi dan gagasan pemikiran baru.
  3. Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang berbasis kepada penelitian dan pengembangan yang berorientasi kepada perbaikan mutu pendidikan guru sekolah dasar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.
  4. Melaksanakan Kerjasama Dengan Instansi maupun stakehoders yang terkait dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan pendidikan guru sekolah dasar yang memiliki daya saing dalam penerapan ilmu pendidikan sekolah dasar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  2. Menghasilkan penelitian, pengembangan ilmu dan publikasi hasil penelitian yang dapat menjadi solusi bagi pengembangan ilmu pendidikan sekolah dasar.
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan yang berorientasi pada perbaikan mutu pendidikan sesuai dengan pengembangan dan kebutuhan masyarakat.
  4. Terselenggaranya kerjasama dengan berbagai instansi maupun stakeholders dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

STRUKTUR ORGANISASI PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

BAGAN PGSD NAMA

 

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah* Bobot sks
(1) (2) (3) (4)
I PGSD 100 Pendidikan Agama 2
PGSD 101 Phisokologi Perkembangan 3
PGSD 102 Pengantar Ilmu Pendidikan 4
PGSD 103 Matematika I 2
PGSD 104 Konsep Dasar PKN 3
PGSD 105 Konsep Dasar IPS 3
PGSD 106 Bahasa Inggris I 2
PGSD 107 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2
II PGSD 201 Pendidikan Jasmani Dan Olah Raga 2
PGSD 202 Evaluasi Pembelajaran 2
PGSD 203 Strategi Pembelajaran 2
PGSD 204 Matematika II 2
PGSD 205 Kajian Kesastraan 2
PGSD-206 Peningkatan Ketrampilan Berbahasa & Sastra Indonesia 3
PGSD 207 Konsep Dasar IPA 2
PGSD 208 Bahasa Inggris II 2
PGSD 209 Pengantar Komputer 2
III PGSD 301 Dasar Dasar Manajemen Pendidikan 2
PGSD 302 Sosiologi-Antropologi Pendidikan 2
PGSD 303 Matematika III 2
PGSD 304 Konsep Dasar IPA II 3
PGSD 305 Media Pembelajaran di SD 2
PGSD 306 Pedidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Awal SD 3
PGSD 307 PKn SD Kelas Awal 2
PGSD 308 Pembelajaran Pendidikan & Olah Raga 2
PGSD 307 Filsafat Pendidkan 2
IV PGSD 401 Perencanaan Pembelajaran di SD 2
PGSD 402 Pendidikan Matematika I 3
PGSD 403 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas Lanjut SD 3
PGSD 404 Pkn SD Kelas Lanjut 3
PGSD 405 Pendidikan IPS SD 2
PGSD 406 Pendidikan IPA SD 4
PGSD 407 Statistik 3
V PGSD 500 Ortopedagogik 2
PGSD 501 Pendidikan Matematika II 3
PGSD 502 Pendidikan IPS Kelas Awal 3
PGSD 503 Metodologi 4
PGSD 504 Pendidikan Seni Tari & Drama 2
PGSD 505 Pendidikan Seni rupa 2
PGSD 506 Model Pembelajaran IPA di SD 2
PGSD 507 Pendidikan Seni Musik 2
VI PGSD 600 Bimbingan SD 2
PGSD 601 Pembelajaran Terpadu 2
PGSD 602 Pendidikan Matematika II 3
PGSD 603 Pendidikan IPS Kelas Lanjut 3
PGSD 604 PPL I (Microteaching) 2
PGSD 605 Aplikasi Komputer 2
PGSD 606 Pendidikan Ketrampilan Pmbelajaran 2
PGSD 607 Model Pembelajaran Pkn Di SD 2
VII PGSD 700 PPL II 2
PGSD 701 Ansambel Musik Anak 2
PGSD 702 Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD 2
PGSD 703 Perspektif Global 2
PGSD 704 pembelajaran kelas rangkap 2
PGSD 705 Pendidikan Inklusif
PGSD 706 Penciptaan Masyarakat Belajar
VII PGSD 800 Kewirausahaan 2
PGSD 801 KKN 2
PGSD 802 Skripsi 6
Total sks 144

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *