Sistem Informasi Akademik

[vc_row top_margin=”none” el_position=”first last”] [vc_column top_margin=”none” width=”2/3″] [vc_column_text el_position=”first last”]

Sistem Informasi Akademik

Sistem Informasi Akademik Universitas Efarina adalah sistem yang mengolah data dan melakukan proses kegiatan akademi yang melibatkan antara mahasiswa, dosen, administrasi akademik, keuangan dan data atribut lainnya. Sistem informasi Akademik melakukan kegiatan proses administrasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan administrasi akademik, melakukan proses pada transaksi belajar-mengajar antara dosen dan mahasiswa, melakukan proses administrasi akademi baik yang menyangkut kelengkapan dokumen dan biaya yang muncul pada kegiatan registrasi ataupun kegiatan operasional harian administrasi akademik. Setiap pengolahan data yang dilakukan akan disimpan pada Data Center, hal ini dilakukan untuk dilakukan analisis pengolahan data. Pengolahan data yang akan dicatat dalam sistem informasi akademik meliputi :

1. Data Mahasiswa

Pengolahan data mahasiswa pada Universitas Efarina merupakan sebuah sistem pengolahan data yang mencakup data seluruh mahasiswa. Data yang diolah berupa informasi data yang berkaitan dengan diri mahasiswa. Staf admin memiliki peran mengolah (simpan, ubah, hapus) data dan berperan untuk menjaga kerahasiaan data mahasiswa agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

2. KRS

Kartu Rencana Studi (KRS) pada Sistem Informasi Akademik Universitas Efarina merupakan kartu berisi mata kuliah yang dipilih oleh mahasiswa di semester tertentu. KRS juga menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut tercatat sebagai mahasiswa aktif dan menunjukkan mahasiswa tersebut mengambil mata kuliah pada semester yang sedang dijalani. Sistem informasi akademik Universitas Efarina perihal KRS hanya dapat diakses oleh admin jika akan terjadi perubahan sewaktu-waktu. Mahasiswa tidak dapat mengakses jika bukan masa pengisian KRS.

3. KHS

Kartu Hasil Studi (KHS) pada Sistem Informasi Akademik Universitas Efarina merupakan informasi hasil studi yang telah dicapai oleh mahasiswa dalam jangka 1(satu) semester. KHS berisi daftar nama mata kuliah dan nilai yang telah dicapai di semester tersebut. Pengisian nilai dilakukan oleh admin atau staf yang berhubungan dengan perihal pengisian nilai. KHS dinyatakan sah jika tertera tanda pengesahan (cap / stempel) dari program studi yang bersangkutan.

4. Transkrip

Transkrip nilai merupakan daftar yang dimiliki mahasiswa selama menjalani masa pendidikan. Transkrip berisi informasi daftar nama mata kuliah yang telah dijalani, nilai yang diberikan dan informasi tentang Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa yang bersangkutan. Setiap program studi wajib mencetak transkrip nilai mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dari Universitas Efarina.

5. Absensi

Sistem Informasi Akademik Universitas Efarina memiliki fitur absensi yang dapat dilihat hanya pada level user tertentu. Fitur absensi ini telah dirancang agar mudah untuk memahami bagaimana kondisi jadwal masuk oleh para mahasiswa, dosen, maupun pegawai yang bekerja di program studi masing-masing.

6. Pendaftaran Mahasiswa

Fitur pendaftaran mahasiswa Universitas Efarina merupakan fitur yang disediakan untuk membantu mempercepat mengolah data mahasiswa baru ataupun pindahan (transfer) yang telah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa dari Universitas Efarina.

7. Absensi Kehadiran Dosen

Sistem Informasi Akademik Universitas Efarina menyediakan fitur absensi kehadiran dosen yang bermanfaat untuk memberikan informasi tentang jumlah kehadiran dosen di Universitas Efarina. Jumlah kehadiran mempengaruhi gaji yang diterima oleh dosen pengajar.

[/vc_column_text] [/vc_column] [vc_column top_margin=”none” width=”1/3″] [vc_widget_sidebar sidebar_id=”sidebar-home-right” top_margin=”none” el_position=”first last”] [/vc_column] [/vc_row]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *