Sistem Informasi Akuntasi

[vc_row top_margin=”none” el_position=”first last”] [vc_column top_margin=”none” width=”2/3″] [vc_column_text el_position=”first last”]

Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi pada Universitas Efarina bermanfaat untuk mencatat setiap transaksi keuangan. Setiap catatan transaksi akan disimpan pada Data Center, hal ini dilakukan untuk bisa dilakukan analisis transaksi keuangan. Transaksi yang akan dicatat dalam sistem akuntansi meliputi :

1. Transaksi Mahasiswa

Tansaksi mahasiswa yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi keuangan yang berkaitan dengan mahasiswa, transaksi yang sering dilakukan mahasiswa seperti pembayaran spp, uang pendaftaran, uang almamater, uang perpustakaan, uang seminar dan transaksi lainnya yang berkaitan dengan mahasiswa.

2. Persediaan

Pencatatan persediaan bermanfaat untuk mengetahui secara akurat jumlah persediaan yang tersedia dan juga persediaan yang telah digunakan. Pencatatan persediaan akan dicatat secara rinci dari tgl, orang dan untuk tujuan apa persediaan dilakukan pengadaan atau digunakan. Persediaan yang sering dicatat seperti persediaan bahan sekali pakai untuk keperluan laboratorium, persediaan baju, persediaan buku dan persediaan lainnya yang dibutuhkan.

3. Inventaris

Inventaris yang merupakan pencatatan aset yang dimiliki oleh universitas untuk memberikan informasi secara akurat kekayaan yang dimiliki universitas. Pencatatan inventaris digunakan juga untuk mengetahui terjadinya penyusutan nilai asset yang dimiliki yayasan, sehingga total kekayaan pada universitas bisa dilihat secara up to date.

4. Kepegawain

Pencatatan tentang kepegawaian bermanfaat digunakan untuk memanajemen perihal yang berkaitan dengan dosen dan karyawan. Manfaat yang paling terlihat dari kepegawaian ini, bisa mengetahui jumlah gaji yang akan dibayarkan sesuai dengan jam kerja, untuk dosen sesuai jam mengajar.

5. Laporan Transaksi Keuangan

Setiap pencatatan transaksi keuangan yang telah dilakukan akan tercatat dalam laporan transaksi keuangan, yang bisa dijadikan bahan analisis bagi pengambil keputusan. Keputusan yang diambil berdasarkan data yang akurat, sehingga keputusan yang ambil bisa lebih baik dan lebih tepat. Dalam laporan transaksi keuangan ditampilkan dalam  bentuk buku besar, arus kas, neraca dan laba rugi.

[/vc_column_text] [/vc_column] [vc_column top_margin=”none” width=”1/3″] [vc_widget_sidebar sidebar_id=”sidebar-home-right” top_margin=”none” el_position=”first last”] [/vc_column] [/vc_row]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *